Daya konsetrasi muridku kok makin rendah ya?

Daya konsetrasi muridku kok makin rendah ya?
Perkembangan teknologi yang pesat dan kehidupan di era digital justru membuat daya ingat kita menurun dan kesulitan untuk fokus
Murid-murid kita pun nggak luput dari permasalahan ini
Penelitian Hermann Ebbinghaus, seorang psikolog jerman dan pelopor studi memori di abad ke 19, bahkan menyimpulkan bahwa manusia lupa 40% yang telah dipelajari setelah 20 menit, 77% setelah 6 hari, dan 90% setelah 30 hari. Hal ini sering terjadi kalau infromasi jarang diulang.

Menurut Marilee Sprenger, seorang guru dan konsultan pendidikan internasional yang juga berkecimpung di penelitian ilmu saraf, otak murid jaman sekarang berubah sangat cepat karena terus menerus dibombardir informasi lewat medsos dan platform online lainnya.

Maka dari itu, beliau menekankan bahwa guru perlu bereksperimen dengan berbagai aktivitas untuk membantu murid-muridna fokus di kelas dan mengingat pelajaran,
Yuk kita simak beberapa tips dari ibu sprenger yang bisa diterapkan di kelas…

  1. Story Telling
    Mengajar sambil bercerita atau mendongeng sangat berguna untuk membantu murid fokus dan mengigat informasi.
    Alasannya adalah karena sebuah cerita biasanya punya komponen emosional yang murid rasakan dan diingat oleh murid-murid kita
    Murid juga secara nggak sadar akan merekam struktur cerita (awal, tengah, akhir) dan informasi lain berkaitan dengan cerita tersebut.
  2. Humor
    Ibu Sprenger menjelaskan bahwa humor, tawa, dan rasa gembira membuat kita merasa lebih relax dan meningkatkan daya ingat.
    Ada beberapa penelitian yang juga menunjukkan bahwa manusia mengingat sekitar 30% lebih banyak ketika informasi disampaikan dengan humor.
  3. Games
    Menurut ibu Sprenger, belajar lewat games adalah salah satu cara ampuh untuk membantu murid belajar.
    Ketika merasa senang saat main games, otak murid akan merekam rasa senang itu dalam memori. Hal ini mempermudah mereka untuk mengingat informasi dan pelajaran yang terkait dalam games tersebut.
    Beliau juga mengingatkan untuk buat games menyenangkan dan seru, serta kurangi kompetisi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *